Masa lalu selalu indah untuk dikenang dan tidak akan pernah hilang dari ingatan. Biarpun itu senang maupun susah, semuanya indah untuk dikenang kembali. Bahkan seringkali kita ingin kembali lagi ke masa itu untuk bisa merasakan kembali tahap-tahap  yang telah kita lakukan di masa lampau tersebut. Berikut tips mengelola kenangan masa lalu;

Jika kita pikir lebih jauh tentang masa lalu, alasan kenapa kita ingin kembali ke masa itu adalah karena kita tahu bahwa arah hidup kita adalah seperti apa adanya sekarang.

Kita telah tahu bahwa dampak dari perbuatan kita di masa dulu itu ya baik-baik saja, padahal di masa itu kita banyak menghabiskan waktu hanya untuk memikirkan langkah-langkah yang akan kita ambil.

Saya tahu bahwa mengingat masa lalu tidaklah sepenuhnya baik. Tidak dapat kita tampik bahwa mengenang masa lalu bisa jadi membuat kita bangga, sedih, percaya diri, takut, dan lalin-lain yang kemungkinan besar membuat kita menjadi khawatir dalam melangkah ke tahap selanjutnya.

Kita jadi phobia mengambil langkah yang bisa jadi akan menjatuhkan pamor kita atau percaya diri kita. Takut bahwa kesuksesan yang kita peroleh sebelumnya akan terhapus oleh kesalahan yang baru saja akan kita buat.

Yeah, berlaku bijaklah terhadap kenangan, karena bila tidak disikapi dengan benar bisa jadi akan menjadi rem terhadap kesuksesan anda sendiri, dengan kata lain kesuksesan lebih besar sulit untuk diukir disebabkan oleh kita sendiri. Tapi bila kita lihai mengolah kenangan-kenangan tersebut bisa jadi malah akan menjadi super motivasi bagi anda untuk meraih kesuksesan tanpa batas.

Itu terjadi bila kita mengenang masa lalu untuk menjadikan kita bangkit, percaya diri, dan optimis karena telah meraih kesuksesan-kesuksesan kecil sebelumnya. So, take a bigger success, Why not?