Mengingat akan pentingnya kesuksesan dalam hidup, maka di postingan kali ini saya ingin menyusun sebuah artikel tentang arti dan manfaat kerja keras. Sebagaimana telah kita ketahui bersama bahwa kerja keras adalah kunci utama untuk meraih kesuksesan dan kebahagiaan dalam hal apa pun. Sudah pasti kita memperoleh sesuatu itu bukanlah perkara yang gampang atau semudah membalik telapak tangan atau hanya dengan meminta langsung dapat, tidak, tapi sekali lagi harus dengan kerja keras.

Pengertian kerja keras tidak cocok diartikan secara harfiah, karena seolah bermakna berkerja dengan keras, mati-matian, kurang istirahat, dan sangat capek. Bukan itu. Maksud kerja keras secara istilah adalah mempunyai semangat yang berkobar serta memiliki kemauan dan kemampuan untuk mencapai target pribadi yang dianggap sedikit melebihi batas kemampuan kita sendiri. Batasan ini yang menjadi tolak ukur bahwa apakah benar kita bisa keras pada diri kita sendiri atau tidak. Contohnya begini, saya ingin sukses dan kaya padahal saya punya rasa malas yang belum bisa kendalikan, tentu tidak bisa terwujud. Kita tahu bahwa malas dan sukses itu bertolak belakang. Oleh karena itu, kita harus membuat aturan dan batasan sendiri agar tidak malas lagi agar bisa sukses nanti.

Saya termasuk orang yang berpendapat bahwa bukan perkara gampang  melawan diri kita sendiri. Banyak juga orang yang tidak bisa melawan kemalasannya, meskipun tahu kemalasan itu menghambat aktivitasnya. Satu sisi kita ingin sekali memanjakan diri kita dengan bersantai sepanjang hari, namun di sisi lain kita sadar bahwa jika saya bermalas-malasan maka impian saya mustahil tercapai. Dilema seperti ini yang sangat berat kita lalui, dan tentu saja tidak heran bila banyak orang yang menyerah bila ingin mengubah apa yang sudah jadi kebiasaannya, terutama rasa malas. Maka itu jangan remehkan kemalasan, karena kalau sudah jadi kebiasaan, bisa gawat!

Terus, apa saja manfaat kerja keras? Kerja keras sama saja dengan menghargai waktu dan lebih dekat pada hasil yang gemilang. Ingat bahwa setiap orang punya jatah gagal yang harus dihabiskan untuk menjadi sukses, jadi orang yang berkerja keras akan lebih cepat menghabiskan jatah gagal itu sehingga lebih cepat menuju titik sukses.

Selain kesuksesan, dengan kerja keras kita juga akan mendapatkan banyak pengalaman hidup yang berharga. Rangkaian proses yang kita lalui selama kerja keras akan memberikan banyak hal yang tersimpan rapi dalam memori kita. Semua proses itu akan membuat kita lebih bijaksana, lebih bersyukur, dan lebih telaten.

Bila kita bisa berhasil menempa diri kita sehingga bisa lulus melewati serangkaian tantangan dan hambatan yang seakan menyuruh kita untuk  berhenti di tengah jalan, maka kita akan memiliki mental yang teruji dan semakin kuat. Akhirnya itu akan menjadi modal besar untuk mendapatkan sukses yang lebih besar. Ini yang kemudian menjawab pertanyaan mengapa orang sukses tambah sukses, yah, karena kesuksesan pertama menjadi bekal kesuksesan berikutnya dan terus berantai seperti itu..

Jadi, kesimpulannya, Abaikan Rasa Malas Ayo Kita Bekerja Keras.