Setiap orang punya pengalaman hidup yang berharga. Saya sangat percaya bahwa setiap dari kita pasti telah diberi kesempatan dan peluang oleh-Nya untuk kita ‘tangkap’. Sehingga apa adanya kita sekarang adalah buah dari sikap kita terhadap kesempatan dan peluang itu, apakah diambil, ditunda, atau diabaikan begitu saja. 

Kesempatan dan peluang itu adalah satu petunjuk dari Tuhan untuk kita agar dapat mengubah keadaan dan hidup kita. Di dunia ini, meraih sesuatu tanpa usaha sama sekali sudah hampir mustahil, malah diperlukan usaha yang butuh kekonsistenan dan keteguhan hati sampai bisa mendapatkan yang kita impikan. Semakin sering kita berbuat dan berusaha selama hidup kita, maka akan semakin kuat perasaan kita atas makna hidup kita. 

Usaha yang membuahkan hasil tentu merupakan kebahagiaan dan kebanggaan tersendiri, dan menjadikan kita menjadi lebih semangat dalam melanjutkan usaha kita. Bila kita pernah tercengang, haru, dan sangat bersyukur atas apa yang kita alami, di situlah kita pasti merasa berharga. Nah, dari titik itulah perasaan yang kuat atas karunia dan kemampuan kita semakin tinggi dan menjadikan kita semakin percaya bahwa kitalah yang mengubah hidup kita. 

Hemat saya, pengalaman itu kita jua yang wujudkan karena adanya kesempatan yang lewat di depan kita. Pengalaman ini yang mengubah kita untuk menjadi dewasa dan semakin percaya diri untuk membuat kita berteriak ‘Saya juga bisa!’.

---
Blog yang teman baca ini telah disetting dofollow agar comment yang teman tulis di sini bisa backlink ke blog teman-teman.
---