Setelah sekian lama tidak meng-update blog ini, akhirnya saya luluh juga. Kenapa jarang diupdate? Saya lagi sibuk di urusan lain, walaupun masih di dunia internet juga. 

Keluh kesah itu hal yang biasa sebagai manusia.Hanya saja berkeluh kesah yang berlebihan sangat tidak dianjurkan, karena akan mengurangi semangat juang kita. Memang tidak nampak secara kasat mata dan memang tidak terasa secara signifikan. Tapi, tahukah kita bahwa dengan berkeluh kesah sebenarnya kita telah memberi ruang longgar untuk diri kita untuk mengendurkan target dan waktu yang telah kita patok di awal langkah perjuangan kita.

Lah, saya kok terkesan menggurui ya..? Bukan itu maksudku, ini pelampiasan diriku juga melihat diri sendiri yang masih sering kehilangan arah dan tujuan ke mana akan fokus melangkahkan kaki. Ada kalanya semangat menjadi sangat menggebu-gebu dan tidak sabar ingin segera bertindak dan melihat hasil jerih payahku. Dan tidak menunggu sehari dua hari, sering kali semangat itu mendingin dengan cepatnya sehingga berproses dengan lambat tanpa gas sama sekali.

Menyesal.. ? Tidak juga.. Ini adalah hidup yang memang demikian adanya. Jika kita ingin menjadi manusia biasa saja, yah ikutilah arus itu. Tapi, bila kita menginginkan sesuatu yang luar biasa, maka lakukanlah sesuatu yang luar biasa pula. Tentu kita sadar, sesuatu yang luar biasa dimulai dengan membiasakan diri kita untuk melakukan sesuatu yang tidak biasa. Dan itu berarti, mengajak jiwa dan raga kita untuk bangkit dan tidak mngikuti hal yang biasa, menganut pola di luar pakem yang ada.

Selama kita mengenal diri kita baik dan buruknya, maka kita akan tahu di mana kita harus mulai berbenah, dan tentu saja semua hal itu dimulai dari diri kita sendiri..