Judul di atas sudah disesuaikan agar menarik dan mudah dipahami, beda dengan judul sebelum diedit.. :D Oleh karena kita menulis untuk dibaca orang lain maka kalimatnya harus disesuaikan agar yang kita sampaikan bisa dicerna dengan baik dan bisa memberi manfaat buat orang lain. Nah, tulisan kali ini adalah seputar cara melatih pikiran agar bisa fokus. Ini penulis sendiri sering mengalami dan masih selalu berusaha untuk meningkatkan fokus dalam memikirkan rencana dan pelaksanaannya. Ini pengalaman pribadi jadi saya menulis menurut apa yang saya pikirkan tanpa referensi dari sumber lain.

Okelah.. Sebelum membahas tentang cara belajar dan melatihnya, terlebih dahulu saya jabarkan apa manfaat kita memiliki pikiran yang fokus. Beberapa di antaranya adalah;

1. Pekerjaan bisa selesai lebih cepat, ini karena dari awal hingga akhir kita tidak memikirkan dan melakukan hal lain yang tidak perlu, semisal sambil main game, sambil chatting, sambil dengar lagu, dan sebagainya.

2. Lebih banyak hal yang bisa kita kerjakan, yakni bila satu pekerjaan bisa selesai lebih cepat itu berarti pekerjaan berikutnya bisa kita mulai lebih awal, dan begitu seterusnya hingga tidak terasa lebih banyak pekerjaan yang bisa diselesaikan dalam rentang waktu yang lebih sama.

3. Menutup ruang untuk menggerutu dan mengeluh, dua hal ini adalah hal yang sangat menghambat pekerjaan sekaligus memakan waktu yang banyak. Kenapa, karena menggerutu dan mengeluh adalah awal dari sifat bosan, malas, melamun, dan lain sebagainya.

Saya kira tiga hal di atas sudah mewakili manfaat pikiran yang fokus. Berbeda dengan pikiran yang tidak fokus atau tidak tenang, hanya sedikit manfaat yang diperoleh, kalaupun ada itu hanya manfaat semu, seperti merasa senang dengan lamunannya, merasa bahagia dengan kegalauannya, dan lain-lain.

Dari uraian di atas, tentu semua orang ingin memiliki pikiran yang fokus, tapi sebagian orang tidak mengerti bagaimana caranya agar bisa seperti itu. Pikiran yang tidak tenang juga adalah penyebab pikiran menjadi tidak fokus, karena pikiran yang tidak tenang membuat seseorang tidak bisa gampang mencari solusi, malah seringkali hal yang memperparah fokus malah dianggap sebagai solusi, sehingga bukannya menjadi fokus, tapi malah menjadi semakin tidak fokus.

Adapun solusi yang bisa saya berikan agar pikiran kita fokus dalam belajar atau melakukan pekerjaan adalah;

1. Istirahat yang cukup, hal ini akan membuat pikiran kita fresh dan kepala jadi ringan. Badan juga terasa fit dan tidak lemas. Pikiran hanya bisa fokus bila tubuh kita sehat. Itulah mengapa kalau kita sakit sebaiknya tidak perlu ke sekolah atau istirahat saja, karena para pendidik tahu bahwa pikiran kita tidak bisa fokus jadi percuma saja bila belajar..

2. Makan yang makanan yang sehat dan secukupnya. Makan dengan tipe seperti itu akan membuat pikiran kita serasa plong, tidak ada gangguan dari perut atau efek pusing dari makanan yang masuk ke perut. Sebaliknya, perut yang kenyang akan membuat kepala jadi berat dan mudah mengantuk.

3. Selalu berusaha merilekskan pikiran. Pikiran yang rileks tidak ditunggu tapi dilatih dan diusahakan secara rutin. Caranya dengan menghindari ketergesa-gesaan, tenang dalam mempersiapkan aktivitas, dan pasrah saja dengan apa yang akan terjadi atau hasil dari yang kita usahakan. Yang utama dari semuanya adalah lebih mendekatkan diri pada Tuhan dengan selalu berdo’a kepadanya.

Oiya, saya lanjut sedikit promosi tentang dunia internet ya. Saat ini, akan sangat ketinggalan bila kita sama sekali tidak mengetahui bisnis online, karena semua orang mulai mengarah ke sana. Setiap tahun semakin bertambah orang yang meninggalkan pekerjaannya karena sudah mendapatkan uang yang lebih banyak melalui bisnis online. Tapi, menekuni bisnis online bukan berarti harus berhenti bekerja, semua bisa disesuaikan. Banyak juga yang menjadikan bisnis online sebagai aktivitas sampingan untuk memperoleh tambahan penghasilan. Bisnis online tidak mengikat, tidak kaku, tidak menegangkan, malah bisa jadi hobby, menyenangkan, dan akan menambah teman juga.

Ini ada seorang teman yang sedang membuka kelas belajar tentang bisnis online, namanya Mbak Dita Nadia. Orangnya cantik, ramah, pintar, gigih, dan sudah terkenal di kalangan dunia internet marketing. Dia membuka kelas online yang mengajarkan bagaimana memulai bisnis online dan beberapa teknik yang bisa dilakukan agar mendapatkan penghasilan. Saya sendiri sudah bergabung di sana. Yang baru belajar dan sudah pengalaman pun bisa bergabung. Untuk pemula akan ada materi tambahan mengenai pengenalan internet dan cara membuat blog.

Ada baiknya teman-teman baca sendiri di situsnya. Oiya, kelasnya berbayar Rp 597.000,- dan itu cuma sekali bayar saja. Mahal..? Saya yakin pasti banyak yang berpikir ini kemahalan, tergantung orangnya menilai. Kalau yang pernah belajar internet marketing secara otodidak pasti merasakan sendiri berapa banyak waktu yang dihabiskan untuk mengolah informasi yang berserakan di internet, sakit hati karena bertanya nggak ada yang jawab, itu pun masih banyak juga tetap bingung dan akhirnya berhenti dengan sendirinya dan menyalahkan orang lain yang dianggap pelit tidak mau berbagi.

Saya tidak mengatakan ilmu itu mahal, tapi yang mahal itu waktu. Kalau orang merasa bisa menggunakan waktunya untuk mendapatkan uang, tentu mereka akan lebih memilih melakukan hal yang bisa mendatangkan uang dari pada harus bersabar mengajari orang. Mengajari orang itu bukan perkara gampang, apalagi mengajari lewat online, susahnya minta ampun dan lama karena komunikasi tidak langsung. Jadi wajar kalau orang tidak mau berbagi gratis, karena waktu benar-benar punya nilai. Nah, kalau di kelas ini, Mbak Dita Nadia memang mau meluangkan waktu untuk itu, banyak video sudah dibuat sebagai tuntunan dalam belajar, orangnya juga aktif di grup untuk membagi ilmu dan menjawab pertanyaan yang ada.

Tertarik? Ini situsnya.. klik di sini saja..