Judul yang menarik, bukan? Tentu semua orang berharap memiliki pikiran yang mudah fokus agar tidak membutuhkan waktu yang lama untuk mencerna apa yang terjadi di sekelilingnya. Siapa sih yang mau disebut telmi alias telat mikir atau lalod alias lambat loading? Tentu saja, orang yang dicap kata itu akan selalu jadi bahan tertawaan dan ejekan teman-teman sekitarnya.

Nah, tulisan kali ini adalah tentang cara melatih pikiran agar bisa selalu fokus. Ini adalah pengalaman penulis sendiri yang sering mengalaminya dan masih terus berusaha untuk meningkatkan daya fokus saat merencanakan sesuatu dan melaksanakannya. Oleh karena pengalaman pribadi, jadi kami menulis menurut apa yang kami pikirkan saja tanpa membuka referensi dari sumber lain.

Okelah.. Sebelum membahas tentang cara belajar fokus dan melatihnya, terlebih dahulu kami jabarkan apa manfaat bila kita memiliki pikiran yang fokus. Beberapa di antaranya adalah;

1. Pekerjaan akan selesai lebih cepat. Ini karena dari awal hingga akhir kita mengerjakan sesuatu, kita tidak memikirkan dan tidak melakukan hal lain yang tidak perlu, misalnya disambi main game, nyambi chatting, atau sambil mendengarkan lagu, dan sebagainya.

2. Lebih banyak hal yang bisa kita kerjakan. Bila satu pekerjaan dapat selesai lebih cepat itu berarti pekerjaan berikutnya bisa kita mulai lebih awal, dan begitu seterusnya hingga tidak terasa lebih banyak pekerjaan yang bisa kita selesaikan dalam rentang waktu yang hampir sama.

3. Menutup ruang untuk menggerutu dan mengeluh, dua hal ini adalah hal yang sangat menghambat pekerjaan sekaligus memakan waktu yang banyak. Kenapa, karena menggerutu dan mengeluh adalah awal dari sifat bosan, malas, melamun, dan lain sebagainya.

Saya kira tiga hal di atas sudah mewakili manfaat pikiran yang selalu fokus. Berbeda dengan pikiran yang tidak fokus atau tidak tenang, hanya sedikit manfaat yang diperoleh, kalaupun ada itu hanya manfaat semu, seperti merasa senang dengan lamunannya, merasa bahagia dengan kegalauannya, dan lain-lain.


Dari uraian di atas, tentu semua orang ingin memiliki pikiran yang fokus, tapi sebagian orang tidak mengerti bagaimana caranya agar bisa seperti itu. Pikiran yang tidak tenang juga menjadi penyebab pikiran menjadi tidak fokus, karena pikiran yang tidak tenang membuat seseorang susah mendapatkan solusi. Malah seringkali sesuatu yang memperparah fokus malah dianggap sebagai solusi, sehingga bukannya menjadi fokus, yang ada malah pikiran mengembara tidak jelas.

Adapun solusi yang bisa kami berikan agar pikiran kita selalu fokus dalam belajar atau saat mengerjakan sesuatu adalah;

1. Istirahat yang cukup. Istirahat akan membuat pikiran kita jernih dan kepala terasa segar. Badan juga menjadi fit dan bersemangat. Pikiran hanya bisa fokus bila tubuh kita sehat. Itulah mengapa saat kita sakit disarankan untuk tidak pergi sekolah atau bekerja, cukup istirahat saja di rumah. Itu karena pikiran kita tidak bisa fokus jika tubuh kita tidak fit jadi percuma saja bila belajar atau bekerja.

2. Makan yang makanan yang sehat dan secukupnya. Makan dengan tipe seperti ini akan membuat pikiran kita serasa plong dan tidak ada gangguan dari perut. Sebaliknya, perut yang kenyang akan membuat kita mudah mengantuk dan kepala terasa berat karena nutrisi yang overload.

3. Selalu berusaha merilekskan pikiran. Pikiran yang rileks tidak ditunggu tapi dilatih dan diusahakan secara rutin. Caranya dengan menghindari ketergesa-gesaan, tenang dalam mempersiapkan aktivitas, dan tawakkal saja dengan apa yang akan menjadi hasil dari yang kita usahakan. Yang utama dari semuanya adalah lebih mendekatkan diri pada Tuhan dengan selalu berdo’a kepadanya.

4. Minum suplemen yang tepat dan sesuai. Sekarang ini telah banyak penawaran suplemen otak yang notabene bisa membantu meningkatkan daya ingat otak agar gampang fokus. Dari sekian banyak itu, tentu saja membuat kita bingung mana yang sesuai untuk kita konsumsi. Nah, maka dari itu kami merekomendasikan produk yang sudah terbukti secara klinis aman untuk dikonsumsi. Produk yang dikenal dengan nama VitaBrain ini mulai dikenal luas oleh masyarakat Indonesia. VitaBrain atau dikenal juga dengan VB Centella, terbuat dari daun herbal yang berkhasiat untuk meningkatkan kinerja otak. Suplemen ini sangat direkomendasikan untuk anda konsumsi.

Silakan teman-teman kunjungi situs VitaBrain. Pengiriman mencakup seluruh Indonesia. Langsung ke sini saja, biar tidak makin penasaran.


Untuk pemesanan bisa langsung menghubungi kami via sms/line/wa di 0822-9045-9865 dan BBM di D3BDA838.