Arti kehidupan dapat kita maknai dengan mudah bila kita belajar akan kata-kata dan sikap rendah hati sekaligus mengamalkan dalam kehidupan kita sehari-hari. Kehidupan begitu kompleks, tapi itu bukan alasan untuk kita memiliki pikiran yang kompleks juga. Tidak semua hal dapat kita miliki dan kuasai, tapi pasti kita harus berbagi dengan orang yang lain tentang apa yang kita lakukan dan rasakan mengenai hidup ini, dan itu baru bisa kita nikmati bila kita memiliki sifat dan sikap rendah hati.

Rendah hati menurut Islam adalah satu sifat yang terpuji karena dengan memiliki sifat ini maka semua kebaikan yang diinginkan dalam masyarakat ada pada sifat ini. Sifat rendah hati bisa menghasilkan pribadi yang tidak sombong, ramah, berpikiran positif, dan bijaksana sehingga kita bisa dengan mudah bergaul di dalam masyarakat. Sosok yang rendah hati tidak pernah menginginkan ada masalah tetapi menginginkan kebaikan di semua hal kehidupan.

Kata-kata rendah hati adalah pencerminan sifat dalam bentuk ucapan. Rendah hati dapat kita rasakan dari apa yang keluar dari perkataan orang. Rendah hati itu berwujud sebuah rasa dan bukan suatu simbol atau gelar yang akan memaksa orang untuk mengakuinya secara fisik. Sifat ini adalah pengakuan naluriah yang dengan sendirinya akan muncul bila kita merasakan nilai dari orang yang kita temani berinteraksi.

Arti rendah hati dalam sebuah masyarakat sangatlah penting. Orang yang memiliki sifat rendah hati tidak merasa lebih dibanding orang lain, jadi tidak akan merendahkan orang lain. Orang rendah hati adalah orang yang mencari solusi bukan masalah, selalu membangun kebersamaan, dan termotivasi oleh dirinya sendiri. Bukankah lebih baik sedikit bicara, tapi kenyataan yang membuktikan kelebihan kita? Berbicara sedikit akan mengurangi beban moral kita kepada orang lain, sehingga kita tidak perlu dituntut atas apa yang telah kita ucapkan.

Akhirnya, dalam kehidupan bermasyarakat haruslah kita selalu ingat akan pentingnya kata bijak rendah hati untuk memudahkan jalan hidup kita dan menenangkan pikiran kita. Lagi pula, rendah hati dalam Islam pun sangat sangat dianjurkan karena merupakan salah satu sikap yang menunjukkan ketakwaan kita kepada Allah SWT sekaligus mencerminkan sikap menghormati kepada sesama makhluk citaan-Nya. Semoga kita tetap konsisten dengan sifat yang satu ini. Amiieeen..