Di saat kita melakukan sesuatu dan kita termasuk sukses dalam melaksanakannya maka itulah yang dinamakan prestasi. Dalam hal apa pun, pengertian prestasi selalu dikaitkan dengan keberhasilan baik itu di saat kita masih dalam tahap belajar, juga di saat kita sudah bergelut dengan dunia kerja.

Prestasi adalah suatu kebanggaan yang langka, yang belum pernah dicapai oleh orang sebelum kita atau teman sejawat kita. Prestasi ini di samping memberikan kebahagiaan tersendiri bagi si penorehnya, juga merupakan batu loncatan untuk bisa memacu diri untuk lebih baik lagi di masa yang akan datang. Prestasi ibarat candu yang membuat kita ingin lebih meningkatkannya dan memperluas lagi cakupannya.

Prestasi belajar adalah satu hal yang sangat diharapkan oleh setiap orang tua kepada anaknya. Orang tua mana yang tidak bangga jika disanjung atas perolehan prestasi anaknya yang menjadi rangking satu di kelasnya atau telah menjuarai perlombaan tertentu yang melibatkan banyak murid berprestasi lainnya. Tidak perlu berkecil hati bagi yang tidak bisa berprestasi di kelas, karena prestasi belajar bukan cuma dalam hal kepintaran akademik semata, tetapi juga dalam mengembangkan kecerdasan lainnya seperti emosional dan spiritual.

Prestasi kerja lebih ketat lagi karena sudah menyangkut nama baik dan keluarga kita. Orang yang bisa mengambil bagian dalam prestasi kerja adalah orang yang luar biasa, tapi sayangnya dengan prestasi kerja yang bagus seringkali perhatian ke keluarga malah berkurang, walaupun tidak semua orang mengalami hal yang sama. Prestasi kerja lebih mengarah ke karir, jika karir mau bagus maka buatlah prestasi kerja yang gemilang, maka karir akan mengikuti.

Pengertian prestasi ada banyak macam termasuk cara untuk menggapainya. Dengan keyakinan yang kuat dan kerja keras, maka prestasi juga akan lambat laun akan datang menghampiri. Prestasi belajar bisa diraih dengan ketekunan, sedangkan prestasi kerja bisa diraih dengan sosialisasi dan pembuktian. Yakinlah pada pepatah, ‘Di mana ada kemauan di situ ada jalan’.