Sudah berapa kali kita merasa jengkel kepada diri kita sendiri karena di saat yang tidak kita duga, tubuh kita terasa capek. Di saat tubuh kita dituntut untuk memiliki stamina yang tinggi, rasa capek melanda tubuh kita dan tidak ada daya lagi bagi kita untuk bersemangat dalam melangkahkan kaki. Mudah-mudahan artikel yang anda baca ini memberikan sedikit pencerahan tentang bagaimana cara mengatasi rasa gampang capek.

Capek adalah akibat yang ditimbulkan pada tubuh kita sebagai akibat tekanan secara psikis dan fisik. Rasa capek setali tiga uang dengan ngantuk, karena tidur adalah kegiatan yang bisa mengembalikan stamina kita yang telah habis. Di bawah ini beberap hal yang bisa kita lakukan bila tubuh kita gampang merasakan capek.

Perhatikan pola istirahat kita, rasa capek tentu saja gampang melanda bila tubuh kita kurang istirahat. Istirahat adalah saat di mana organ tubuh kita mengendor dan melepaskan beban yang ada, juga sekaligus mengurai racun dan memperbaiki struktur organ secara otomatis.

Perhatikan pola makan kita, asupan makanan yang masuk dalam tubuh kita setidaknya mengandung unsur hara yang dibutuhkan untuk tetap menjaga keoptimalan kinerja organ tubuh kita. Kekurangan dan kelebihan unsur hara tersebut sama-sama berdampak pada ketidakseimbangan. 

Beban kerja sehari-hari, beratnya beban kerja dan beban psikis yang kita alami tentu saja akan semakin mendekatkan kita ke ambang batas kemampuan kerja organ kita. Kelelahan yang dialami tubuh kita mau tidak mau harus kita alami, apalagi bila kegiatan itu tidak ditopang oleh kemauan kita sendiri, bisa memicu stress dan kelelahan berkepanjangan.