Lama sudah saya tidak mengupdate blog ini dengan tulisan yang tentunya original hasil dari pemikiran sendiri. Selain sudah lama, saya menulis artikel ini juga agar dapat menyegarkan kembali pikiran yang telah jenuh dengan aktivitas yang cukup monoton. Kali ini adalah tentang tips menjaga hubungan persahabatan. Persahabatan memiliki makna luas dan tidak terbatas hanya pada hubungan antar seusia, tetapi mencakup juga hubungan dengan saudara, orang tua, dan dengan semua orang. Oke, langsung saja kita bahas tanpa banyak intro lagi. :D

Dalam berinteraksi dengan orang lain, diperlukan seni dan adab yang harus diperhatikan agar hubungan komunikasi kita dengan orang lain terbina dengan baik. Pada dasarnya, kebutuhan dasar semua orang adalah pengakuan dan penghargaan dari orang lain dalam bentuk perhatian, penghormatan, dan kasih sayang. Semua orang memiliki kekurangan masing-masing, dan sebagai orang yang bijak, kita sebaiknya menghormati kekurangan orang lain dengan tidak merendahkannya.

Dalam menjaga hubungan kita dengan orang lain, sebaiknya kita sesekali memposisikan diri kita sebagai orang lain. Contohnya, kita memperhatikan orang lain di sekitar kita, kita mengamati hubungan di antara mereka dengan menekankan pada sisi mana yang baik dan buruk dari setiap orang yang kita amati. Nah, bayangkan kita orang yang mengalami perlakuan buruk dari orang lain, seperti difitnah, dipermainkan, dianggap remeh, dilupakan, disindir, dan lain-lain. Bila kita memposisikan diri kita sebagai korban perlakuan buruk, tentu akan sadar bahwa perbuatan buruk itu tidak bagus bagi persahabatan. Dengan begitu, kita akan menghindari perilaku buruk terhadap orang lain, dan jangan sampai kita mengalami perlakuan buruk dari orang sekitar.

Sebaliknya, bila kita menerima perilaku baik dari orang-orang di sekitar, maka dalam diri kita akan muncul kemauan untuk membantu orang itu, kemauan untuk memberi hadiah, tidak mau menyakiti perasaannya, dan lain-lain. Dengan membayangkan kita berada pada posisi orang lain, maka kita akan mengetahui perilaku mana yang akan menjadikan kita disukai oleh orang-orang di sekitar kita. Tentu bila orang menyukai kita maka mereka akan menjadi sahabat kita meskipun tidak ada persetujuan sebagai sahabat yang pernah terucap dengan orang itu.

Persahabatan adalah hubungan antar manusia di mana ada kasih sayang di dalamnya, juga saling menjaga, saling berbagi, saling mengingatkan, dan saling membantu satu sama lain. Sahabat tidak membutuhkan pamrih apa-apa selain saling menjaga kepercayaan dan bersedia meluangkan waktu bila diperlukan. Sahabat akan rela berkorban demi kemajuan dan kebahagiaan bersama.

Tidak mudah menemukan sahabat sejati, sahabat yang mau bersama-sama dalam suka maupun duka. Bila anda sudah menemukan sahabat sejati anda, maka pertahankanlah dengan tetap menjadi seperti biasa tanpa pernah mengubah sifat baik anda. Akhirnya, kita adalah makhluk sosial yang membutuhkan peran orang lain dalam hidup kita. Jagalah hubungan pertemanan dan persahabatan agar kita menjalani hidup ini dengan bahagia dan damai dengan orang-orang di sekitar kita yang mau peduli dan mau berbagi dengan kita.