Bumi dan seisinya adalah titipan Allah SWT untuk kita semua makhluk-Nya. Kita sebagai manusia adalah makhluk dengan derajat tertinggi yang diciptakannya yang dilengkapi dengan akal untuk menjadi khalifah yang memberikan banyak pengaruh terhadap perubahan yang terjadi di bumi-Nya. Di tangan kitalah, harapan masa depan bumi ini diletakkan. 

Setiap manusia dikelompokkan oleh-Nya menjadi berbagai macam kriteria yang digabungkan secara acak sehingga tidak ada satupun di dunia ini yang sama persis. Dan satu dari kelompok besar itu adalah dikelompokkannya kita dalam negara yang berbeda. Pengaruh negara di dunia ini begitu besarnya, sehingga kerja sama antar negara adalah satu keharusan untuk menjaga keberlangsungan hidup kita di dunia yang cuma satu ini.

Bila kita menoleh ke belakang, sejarah mencatat telah terjadi revolusi kehidupan umat manusia yang luar biasa antara lain penemuan obat-obatan, perang dunia, isu pemanasan global, ledakan penduduk, teknologi informasi, dan sebagainya. Kita tidak tahu apa yang akan terjadi selanjutnya di masa depan. Tergantung kita manusianya seperti apa dan bagaimana mempersiapkannya. 

Kita sebagai generasi muda harus mempersiapkan diri untuk berbuat yang terbaik selama hidup kita dengan tetap menjaga semua warisan yang dititipkan, termasuk mempersiapkan keturunan kita agar memiliki kepribadian yang unggul di masanya. Manusia dan harapan masa depan adalah mutlak untuk kita kemukakan di mana pun. Kita harus memulainya dari kesadaran kita masing-masing.