Ngantuk adalah hal yang tidak kita inginkan di saat kita belum ada niat untuk istirahat. Entah kenapa rasa ngantuk selalu muncul di saat yang tidak tepat, dan tentu saja membuat orang blingsatan atas rasa ngantuk yang tiba-tiba menyerang. Hal ini yang kemudian membuat orang akan mencari tips cara menghilangkan rasa ngantuk. Bila memang anda mencari informasi tersebut, maka anda telah mengunjungi situs yang tepat. (kok malah promosi sih?).

Rasa ngantuk itu spesifik untuk setiap orang artinya tidak serta merta tips yang anda temukan di situs-situs atau di buku tokcer buat anda. Tips pertama, galilah dulu informasi tentang diri anda sendiri bisa dengan memperhatikan kegiatan sehari-hari dan seberapa sibuk pikiran anda. Rasa ngantuk itu kan kita yang alami, dan setiap hal yang kita rasakan itu efek dari apa yang terjadi di diri kita. Dengan kata lain, cara pertama untuk menghilangkan rasa ngantuk adalah kenali kebiasaan kita.

Rasa ngantuk itu diatasi dengan semacam percobaan ringan. Ada saran untuk perbanyak olah raga, eh malah capek terus tidur. Parah juga, malah tidak melewati tahap mengantuk lagi, hehe. Minum kopi pun bukan merupakan solusi yang tepat bagi yang tidak biasa minum kopi, pernah malah saya gak bisa konsentrasi belajar habis minum kopi. Maunya tidak mengantuk saat belajar, eh malah gak bisa konsentrasi, malah tambah parah ternyata. Intinya tidak semua tips yang kita dapatkan untuk menghilangkan rasa ngantuk itu berhasil di semua orang.

Trus apa dong solusinya? Lihat kebiasaan anda. Lihat apa yang tidak biasa dalam rutinitas anda sehingga anda pun merasakan ngantuk yang tidak biasa di waktu yang tidak biasa pula. Ngantuk bisa disebabkan oleh kekurangan juga kelebihan tidur. Pikiran yang malas juga akan mengundang ngantuk akan datang, jadi sibukkan pikiran kita. Bila semua itu tidak ngefek, maka solusi terakhir untuk menghilangkan ngantuk, ya tidur. Dengan tidur, maka ngantuk pun hilang. Ya iyalah..! Lagian dari pada ditahan-tahan mending tidur 10 menit, habis itu kan fresh lagi. Bagaimana?