Beberapa orang bingung di saat akan mencari dan menentukan ide kreatif usaha mereka. Padahal, ide itu ada di pikiran kita sendiri tanpa harus melihat kecermelangan ide orang lain. Banyak dari kita mungkin tidak percaya kepada diri sendiri dalam hal apa pun. Dengan kata lain, kita hanya banyak memikirkan dan membayangkan nasib baik orang lain dengan ide usaha yang telah mereka jalankan.

Banyak orang berkata bahwa ide itu mahal, apalagi yang kreatif. Kreatif maksudnya adalah baru atau unik. Mungkin di tempat lain ada, tapi untuk di lingkungan dan daerah kita usaha itu termasuk baru muncul. Sesuatu ide bila benar-benar ditekuni dan benar-benar jelas visinya ke mana, maka suatu ide akan berkembang menjadi luar biasa.

Ide itu memberikan kita motivasi dan tantangan tersendiri. Sesuatu yang baru senantiasa memberi kita adrenalin yang lebih untuk dipacu sehingga kita sedemikian penasarannya dengan hasil yang akan diperoleh. Terlepas dari hasilnya bagus atau tidak, implementasi sebuah ide itu merupakan kepuasan tersendiri karena telah melaksanakannya dan memupus rasa penasaran yang ada sebelumnya.

Di mana kita bisa menemukan ide kreatif? Ada banyak cara untuk menemukannya. Bisa dengan menonton televisi, membaca majalah, nonton pameran, diskusi dengan teman, dan lain-lain. Tapi jangan lupa, puncak dari anda mendapatkan informasi yang ada adalah meramu masukan-masukan tersebut dalam brainstorming. Pikirkan kembali ide itu dalam wadah diskusi di dalam pikiran kita sendiri dengan mempertimbangkan baik buruknya tiap pilihan yang ada.

Dengan adanya pengalaman melihat, mengikuti, dan mengalami apa yang sedang kita pertimbangkan, maka ide baru akan muncul. Pikirkan kembali baik dan buruknya, pertimbangkan semua hal hingga pada tahap kesuksesannya. Jangan takut untuk membayangkan kesuksesan, karena itu adalah mimpi dan target yang sebenarnya kita tuju. Terakhir, ide sekreatif apa pun bila tidak pernah dikerjakan atau diusahakan tetap tidak ada gunanya, maka wujudkan ide dengan langkah konkret.