Seiring berkembangnya teknologi, banyak hal yang semula begitu berbelit-belit dan apa adanya sekarang berubah menjadi eksklusif dan tanpa batas. Kemajuan terjadi di mana-mana dari kendaraan, komunikasi, kesehatan, peralatan rumah tangga, dan lain sebagainya. Tidak perlu diragukan lagi bahwa gaya hidup modern adalah satu keharusan untuk bisa diterima di kalangan berbagai kalangan. Di tengah deraan dan tuntutan untuk menjadi modern, masihkah hidup sederhana menjadi pilihan?

Tidakkah sekarang muncul suatu pendapat bahwa memiliki HP berkelas adalah suatu kebanggaan? Padahal bila dirunut, tanpa ada HP semacam itu pun dulunya kita bisa tetap eksis. Adanya banyak fitur yang ditawarkan di setiap produk malah membuat kita merasa rugi bila tidak pernah menggunakannya. Ini malah menimbulkan kesibukan dan biaya baru yang sebenarnya tidak perlu.

Meskipun demikian, kemajuan teknologi juga banyak yang membawa dampak positif di kehidupan kita, seperti alat masak yang semakin membuat kita memiliki lebih banyak ruang  gerak, komunikasi jarak jauh juga semakin murah dan murah, sistem keamanan yang lebih bervariasi. Kemajuan teknologi yang dimanfaatkan untuk mempermudah kita melakukan sesuatu adalah sah-sah saja karena memang tekonologi diciptakan untuk itu.

Gaya hidup modern tidak perlu harus mengikuti perkembangan yang ada, karena dengan serta merta membuat kita lebih konsumtif dan mengabaikan manajemen keuangan. Adanya tawaran produk yang beragam harus disikapi dengan mencoba untuk tetap hidup sedarhana. Sederhana dalam arti bijaksana. Oleh karena kebutuhan kita bukan untuk hari ini dan bukan hanya diri kita saja, masih ada keluarga, masa depan, kesehatan, dan properti yang membutuhkan alokasi dana juga. Jadi, bergaya hidup modern boleh saja tapi usahakan tetap menganut hidup sederhana.